Rakor Pembangunan SJ Kabupaten Kota 2016

Rapat Koordinasi Pembinaan Simpul Jaringan Kabupaten/Kota dibuka oleh Kepala Bidang Infrastruktur dan Penataan Ruang Bappeda Prov Kalsel, Bapa Ir. H.M. Solihin, MT, Acara Rakor Membahas tentang kesiapan Pemerintah kabupaten/Kota dalam rangka penyelengaraan informasi geospasial. Kabid menghimbau untuk semua Kabupaten/Kota agar membangun Simpul Jaringan Kabupaten/Kota untuk untuk memepercepat update informasi spasial. Pemerntah provinsi akan membatu dari segi pengembangan SDM, dan akan mengeluarkan surat edaran gubernur kepada bupati dan wali Kota untuk membangun simpul jaringan kabupaten/kota.  

  

Kondisi pengelolaan data spasial di bappeda kabupaten kota secara umum siap dalam telebih khusus kabupaten Hulu Sungai Utara yang sudah memilki server data spasial dan sudah dipasang web katalog data spasial, tinggal menunggu asistensi dari memerintah provinsi dalam hal ini tim geoportal. Bappeda Balangan untuk saat ini belum ada kegiatan penyelengaraan data spaial. namum sudah ada menerapkan pengelolaan data secara terpadu antara internal balleda Balangan. Kabupaten tabalong penyelengaraan Informasi Geospasial dikelola oleh LITBANG Pemkab Tabalong,  Anggara penyelengaraan Informasi Geospasial sudaha ada, masih proses pengadaan Komputer Pengolahan GIS, Pemerintah Kota banjarbaru sudah membuat WebGIS, dan untuk data center masih dibangun. untuk penyimpanan peta masih dalam format SHP.

 

Bappeda Kabupaten Tapin masih belum memilki anggaran untuk penyelengaraan Informasi Geospasial. jaringan internet sudah fiber optic, dan sudah memiliki pusat penyimpanan peta. Bappeda Tanah Laut belum membangun geoportal, pada tahun 2015 sudah membangun SIMTARU, Server sudah ada,dan sudah memiliki data spasial Jalan .Bappeda Tanah Bumbu masih mengerkan data spasial untuk rencana detil, untuk data center masih belum ada. Kabupaten Hulu Sungai Tengah saai ini sudah memiliki komputer khusus pemetaan, dan untuk data spasial yang dimiliki diantarnya Database jalan,  Data Rencana Air Bersih. Bappeda kabupaten banjar Sudah Memilki Peraturan Bupati terntang jaringan data geospasial, Saat ini melakukan Pemetaan di Kecamatan Martapura, Sudah bekerja sama dengan ESRI untuk pengadaan ArcGis .untuk Bappeda kaupaten Barito Kuala untuk saat ini belum ada kegiatan dalam penyelengaraan Infromasi geospasial.  

Selain membahas Kesiapan Pemerintah Kabupaten/Kota dalam pembangunan simpul jaringan, acara Rakor juga membahas masalah standarisasi data spasial, SOP Singkronisasai peta RTRWP dan SOP Asistensi Pemetaan terpadu. dan Publikasi data spasial

Ditulis :Gita Ayu Syafarian, S.Kom, M.Kom
Diposting : 2016-03-22 13:03:53