Forum Simpul Jaringan Informasi Geospasial Nasional 2016

Tujuan Simpul Jaringan Bedasarkan kesepakatan FGB 2016 :

Konsolidasi data bersama Walidata oleh SJ: kompilasi, integrasi, sinkronisasi data/informasi IG;

Menjamin ketersediaan data yang berkualitas dan mudah akses;

Berbagi pakai data/informasi-benefit yang difasilitasi oleh SJ;

Mendukung perencanaan pembangunan, kebijakan pemerintah dan pengambilan keputusan berbasis DG dan IG;

Mendorong pertumbuhan investasi daerah melalui pemanfaatan DG dan IG;

Percepatan pembangunan e-government yang memanfaatkan IG (spatially enabled government/SEG) dan Konsolidasi DG/IG terkait Kesinambungan Aliran Data (Data Flow) merupakan Faktor Kunci Keberhasilan dalam Pengembangan Simpul Jaringan.

Kegiatan pendampingan dan Bimtek Simpul Jaringan; SKB antara BIG dan Kemenristek Dikti tentang Pembentukan PPIDS; Kegiatan Penghargaan Geospasial Nasional; Penyediaan standar yang dibutuhkan untuk pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, pengamanan, dan penyebarluasan IG; pembentukan PPIDS di setiap provinsi; Penerapan NSPK serta pengembangan kapasitas pendidikan dan  pelatihan IDS dan IG adalah komponen sasaran kegiatan yang memiliki driver power tinggi sebagai pendorong keberhasilan Simpul Jaringan dan JIGN secara umum.

Pengelolaan Simpul Jaringan secara umum menghadapi Kelemahan Internal, namun di sisi lain memiliki Peluang dalam mewujudkan Tujuan SJ. Strategi Turn Around (W-O) diperlukan dengan cara mengatasi kelemahan internal agar dapat memanfaatkan peluang. Program Optimalisasi Penerapan Standar IG Nasional dapat segera dilaksanakan, namun untuk Pembentukan SJ dan PPIDS seyogyanya dilaksanakan setelah dilakukan penguatan SJ & PPIDS yang ada terlebih dahulu dengan dukungan program prioritas lain yang diusulkan (Program Penyusunan Panduan Roadmap dan Perda SJ, Program Penyiapan SDM SJ dan Program percepatan penandatanganan SKB dengan Kemendagri dan Kemenristek-dikti);

 

Ditulis :Gita Ayu Syafarina, S.Kom, M.Kom
Diposting : 2016-11-25 13:12:33