2016 Tim Geoportal Kalsel Terapkan NSDI

Badan Perencanaan Pembanguanan Daerah khususnya Bidang Infrastruktur dan Penataan Ruang (IPR) akan menerapkan konsep Nasional Spsial Data Infrastruktur (NSDI) untuk mendukung dan memberikan kemudahan berbagi pakai data spasial kepada SKPD terkait pemetaan seperti BPN, DISBUN, DISTAMBEN. PU, DISKANLUT dan DISHUB.

Februari 2016 ini tim Pemetaan Geoportal Kalimantan Selatan sedang lakukan uji coba koneksi Geodatabase mengunakan jaringan WAN. Bagian ujucoba mencakup koneksi dan sistem keamanan/prevelage database & Skema. Rencana SDI-KALSEL akan di sambungkan ke SKPD  terkait pemetaan pada bulan maret.

SEKEMA NSDI KALSEL

Dalam waktu bersamaan selain memasang koneksi ke SKPD Provinsi juga dilakukan pembangunan simpul jaringan kabupaten kota, tahap awal kabupaten yang dijadikan percontohan adalah Kabupaten Hulu Sungai Utara, dalam rangka bentruk aprisiasi pemprov terhadapa semangat Kab. HSU untuk menjalanlan UU No.4 tahun 2011. Bappeda HSU didukung dengan tersedianya Infrastruktur data center, dan sudah memilki tenaga Ahli Pemetaan dan Informatika.

Selain Kab.HSU, kabupaten tabalong juga siap membangun Simpul Jaringan Kabupaten Tabalong, untuk tahap awal SDI dan Geoportal dipasang pada Server Lumbung Geoportal Kalsel secara virtual. ini merupakan tindak lanjut dari hasil konsultasi Bappeda Tabalong degan Tim Geoportal Kalsel. 

Ditulis :Gita Ayu Syafarina, S.Kom, M.Kom
Diposting : 2016-02-07 20:02:48